Minggu, 16 April 2017

PRODUK Teh Wonosobo : Perkebunan Tambi

Gb.1 Peserta di Kebun Teh Tambi
(Selasa, 12/4/20017) KUB. UMKM se-kab. Wonosobo bersama Dinas Perdagangan, Koperasi & UMKM  mengadakan outbound di kebun teh Tambi, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo.  Sebelum melaksanakan kegiatan outbound para peserta outbound yang merupakan pemilik industri rumahan di setiap desa di kabupaten Wonosobo mengikuti pengarahan terlebih dahulu. "Batik Gebleg Renteng di Kulonprogo itu terinpirasi saat makan gebleg di Wonosobo," ujar Bupati Kulonprogo (Dr. Hasto Wardoyo S.) saat memberikan pengarahan kepada 100 peserta yang hadir. Hal ini diutarakan beliau dengan maksud agar para pengrajin batik di Wonosobo dapat kreatif melihat potensi lokal, alam sekitar, kuliner dan kearifan budaya lokal yang dapat diangkat sebagai motif  dalam seni membatik. Selain itu, Pak Hasto juga memuji ratu tiwul yang telah menggunakan internet untuk promosi tiwul instan sebagai salah satu makanan khas Wonosobo yang telah menjadi produk unggulan dari desa Lipursari. Beliau menemukan foto ratu tiwul di internet saat sedang berselancar mencari bela beli produk unggulan Wonosobo.

Gb.2 Pengeringan Teh
Kegiatan seharian di kebun teh Tambi ini dimulai para peserta dengan melakukan kunjungan ke pabrik pengeringan teh. Salah satu produk Teh Tambi yang banyak diburu konsumen adalah teh hitam celup yang dikemas dalam dus kotak berwarna merah gradasi hitam dengan gambar sajian teh dalam segelas cangkir putih yang mengepul hangat. Khasiat teh hitam bagi yang mengkonsumsinya yaitu untuk anti oksidan dan menyegarkan tubuh. Teh Tambi sangat cocok untuk dinikmati bersama sajian tiwul instan di tengah udara dingin maupun panas, baik di pagi hari maupun sore hari.

Salah satu di antara peserta yang mengikuti outbound di kebun teh Tambi yaitu Siti Maryam alias Maria Bo Niok alias Ratu Tiwul Wonosobo.  Maria sangat menikmati permainan outbound yang difasilitasi oleh penyelenggara. Flying fox, roda gila dan beberapa permainan diikuti secara kelompok maupun perorangan oleh seluruh peserta dan pendamping.

Gb.3 Sajian Teh Tambi bersama Tiwul, Cenil dan Lupis
Di akhir acara, ratu tiwul Wonosobo sempat bergoyang tiwul bersama peserta lain yang sedang menikmati lagu dangdut oplosan. Acara outbound para pelaku usaha industri rumahan ini diselenggarakan oleh Disdagkop & UMKM Kab. Wonosobo untuk mempererat tali silaturahmi antara sesama pengusaha industri rumahan se-Kab. Wonosobo. Beberapa hari sebelumnya, para pengusaha ini dikumpulkan di Mardi Yuwono dan dibentuk Kelompok Usaha Bersama UMKM tingkat kabupaten.]

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Donasi saran dan kritiknya ya