Sabtu, 12 Oktober 2013

PRODUK Tiwul Mari : Terima Trophy UKM PANGAN AWARD

                          Gb.1 UKM Pangan Award 2013
(3/10/13) Kementerian Perdagangan RI menyerahkan trophy UKM PANGAN Award 2013 kepada Siti Maryam, pembuat Tiwul Instan cap Mari sekaligus pemilik usaha UD.MARI yang berasal dari kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah di Senayan-Jakarta.  Sebelum penerimaan trophy, Bapak Githa Wirjawan-Menteri Perdagangan Republik Indonesia, membuka secara resmi Pameran Produk Dalam Negeri Nasional tahun 2013 yang berlangsung sampai dengan 5 oktober 2013.
Gb. 2 UKM Pangan Award 2013

Selain tiwul instan, beberapa produk unggulan lain yang mendapat trophy UKM Pangan Award 2013 yaitu: Cireng (aci goreng), Kripik Singkong, Nasi Liwet Instant dan SeleraIndo.

Tiwul instan dari UD. MARI, Wonosobo mendapatkan nominasi terbaik I dari 128 UKM yang lolos mengikuti seleksi, yakni 109 usaha kecil dan 19 usaha menengah. Keistimewaan dari tiwul instan dari Wonosobo adalah tekstur yang lembut dengan aneka warna dan rasa yang mengundang citarasa eksotis alam Indonesia. Rasa telowungu, ubi madu, nenas, stroberi, gula jawa, nanonano, pandan, pisang, carica dan coklat banyak diburu konsumen dari luar Jawa. Perpaduan dari tepung mocaf, tela rambat dan aneka buah membuat tiwul mari menjadi berbeda dari tiwul biasanya. Pacitan, Gunungkidul, Malang, Ponorogo dan daerah lain di Jawa ada produsen tiwulnya tapi tiwul Wonosobo berbeda. Walaupun menjadi kabupaten termiskin se-Jawa Tengah, ternyata orang dari Desa Lipursari, Kec. Leksono, Kab. Wonosobo berhasil membuktikan pada masyarakat Indonesia tentang ketangguhan masyarakatnya dalam mengolah hasil panen lokal untuk menjadi masyarakat petani yang berdaulat pangan. Selain tiwul instan, tahun-tahun sebelumnya Carica dan Purwaceng juga beberapa kali mendapat penghargaan dan terus menjadi kebanggaan dan produk unggulan dari Wonosobo.

Gb.3 Kuliner Indonesia
 "UKM Pangan harus dapat meningkatkan omset dan memperluas pasar ekspor," ungkap Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Srie Agustina, saat memberikan sambutan pada Penjurian UKM Pangan Award 2013, di Ruang Dahlia, Kantor Kemendag Jakarta, Senin (16/09/2013). 

Hal ini seperti yang dilansir di : http://www.kemendag.go.id/id/photo/2013/09/16/penjurian-ukm-pangan-award-2013?id=12363#photo beberapa hari sebelum penyerahan hadiah kepada para pemenang di Senayan-Jakarta. Dalam ekspo kali ini, juga menampilkan produk mobil ESEMKA.]

Gb.4  Foto bersama pemilik UD.MARI dan Pejabat Kementerian Perdagangan RI dan Disperindag Wonosobo

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Donasi saran dan kritiknya ya